DAERAHEKONOMINEWSPENDIDIKANSOSIAL BUDAYA

Dorci Pauweni, Targetkan Dinas Perpustakaan Segera Memiliki Pojok Baca Digital

BOALEMO – poliyamatopfm.com – Demi peningkatan literasi Kesejahteraan Masyarakat, maka Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Boalemo bersama Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Boalemo, menjalin Kerjasama Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial, yang ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kerjasama pada kegiatan Peringatan HUT DWP Ke-21, di Pendopo Kantor Bupati Boalemo, Selasa, (15/12/2020).

Menurut Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Boalemo, Dorci Pauweni, bahwa 2021 mendatang secara umum akan memasuki replikasi desa yang diharapkan masyarakat bisa mandiri, sehingga melalui buku-buku perpustakaan bisa menuai ilmu, dan ilmu itu dapat di apresiasikan untuk meningkatkan literasi kehidupan.

“Sehingga itu ditingkat nasional, transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial ini merupakan program prioritas nasional yang ke-4, yang sudah termuat di RPJMN, dan ini memang merupakan program prioritas ke daerah-daerah di seluruh Indonesia,” ungkap KADIS Perpustakaan

Menurutnya Kabupaten Boalemo itu sendiri, Pemerintah sudah menyatakan siap untuk memberikan dukungan terkait literasi, ketika pihaknya diajak dan ditawarkan untuk melaksanakan perjanjian kerjasama dengan Dharma Wanita Persatuan demi memantapkan literasi yang ada di Kabupaten Boalemo disetujui oleh kedua belah pihak.

“Dinas Perpustakaan bisa memberikan dukungan sepenuhnya, terkait dengan peminjaman buku-buku perpustakaan, yang nantinya bisa berkolaborasi dengan program Dharma Wanita Persatuan yang sudah di Launching kemarin, yaitu Sekolah Alam.

Selain itu KADIS Perpustkaan juga mengatakan, bahwa kedepan perpustakaan akan memiliki pojok baca digital, yang akan sinergi dengan program dharma wanita Persatuan Kabupaten Boalemo.

“Sehingga peningkatan minat baca masyarakat itu benar-benar akan lebih meningkat, karena memang minat baca daripada masyarakat sekarang ini belum memadai, menurut data Unesco itu hanya 0,001%,”kata Dorci menjelaskan

Dorci berharap dengan ditandatanganinya Surat Perjanjian Kerjasama tersebut, diharapkan tidak hanya sekedar peningkatan minat baca, akan tetapi mempunyai nilai-nilai pemberdayaan didalamnya.

“Terutama dalam rangka peningkatan perekonomian, jadi bisa merubah, bagaimana masyarakat itu yang tadinya tidur, bisa berkreasi dan bisa berinovasi,” tutur Dorci berharap (#)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button