NEWS

Temui Komisi IV DPRD Provinsi Gorontalo, FSPMI Sampaikan Aspirasi

Komisi IV (empat) DPRD Provinsi Gorontalo kembali menerima aspirasi dari Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Gorontalo, pada hari ini Senin (18/1/2021).

Saat diwawancarai usai pertemuan tersebut, Adnan Entengo selaku Anggota Komisi IV DRPD Gorontalo menyampaikan melalui pertemuan tersebut, pihaknya menerima beberapa aspirasi diantaranya terkait isu tindaklanjut dari Undang-undang nomor 11 tentang cipta lapangan kerja serta pemekaran OPD Ketenagakerjaan.

“Tadi dari FSPMI meminta agar kami bisa memberikan masukan terkait dengan turunan UU Cipta lapangan kerja pada Rencana Peraturan Pelaksanaan (RPP), dan Alhamdulillah pada dialog fokus bersama dengan Kemenaker semua aspirasi di daerah telah kami sampaikan” jelas Adnan.

Selain itu, Adnan juga menambahkan memang untuk jeda waktu yang diberikan oleh Kemenaker dalam menyampaikan RPP sangat singkat. Akan tetapi pihaknya akan berusaha untuk RPP turunan dari UU Nomor 11 tahun 2020, bisa sesuai dengan Undang-undang guna mensejahterahkan para buruh yang diharapkan juga akan mengcover isu mengenai pengupahan dan pesangon” ujar Adnan.

Lebih lanjut,Adnan yang juga Ketua Bapemperda Deprov Gorontalo mengatakan terkait dengan penyampaian aspirasi tentang pemekaran OPD di Provinsi Gorontalo, pihaknya yang nanti akan bertanggung jawab pada Ketenagakerjaan serta telah menindaklanjuti persoalan tersebut melalui RIK pembahasan Ranperda tahun 2021.

“Saya juga sebagai Ketua Bapemperda terus mendorong Pemprov Gorontalo untuk melakukan pemekaran terhadap OPD yang bertanggung jawab terhadap Ketenagakerjaan dan tindaklanjutnya saya sudah menyampaikan persoalan itu pada RIK Ranperda tahun 2021” tutup Adnan.

Ditempat yang sama, Ketua Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Gorontalo, Meyske Abdullah menyampaikan sebelumnya pihaknya menolak secara tegas terhadap UU Cipta Kerja (Omnibus Law) untuk itu pihaknya mengujungi kembali DPRD guna meninjau apa yang menjadi aspirasi dari pihaknya.

“Hari ini Kami DPW FSPMI berkunjung dan ingin mengcrosscek bagaimana dengan aspirasi terkait tuntutan yang telah kami sampaikan pada tahun kemarin diantaranya terkait UU Cipta Kerja yang hari ini telah ditanda tangani oleh Presiden” ujar Meyske.

“Selain itu juga, terkait dengan pemekaran OPD ketenagakerjaan, hari ini kami terus mendorong hal tersebut demi kesejahteraan buruh” jelas Meyske.

Terakhir, Meyske menyampaikan rasa syukur karena Komisi IV dibawah koordinator Adnan Entengo, telah mengusulkan terkait tenaga kerja dalam ranperda yang rencananya dalam waktu dekat ini akan segera di muat pada peraturan daerah (perda).

“Alhamdulillah, sekarang ini kami syukuri di komisi empat itu sudah ada Ranperda khusus tenaga kerja mungkin di bulan Maret atau April ini akan segera di sahkan” pungkasnya. (CRz)

 

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button