NASIONALNEWSUncategorized

Inginkan “Langit Biru” Tak Sebatas Program, YLKI Minta Pemerintah Seriusi ini!

Poliyamatopfm.com- Program langit biru yang telah digagas sejak tahun 1996 ini kembali mendapatkan kritikan segar dari berbagai kalangan, ironinya dari data Global Burden of Disease, menyebutkan bahwa 18% kematian di dunia sepanjang tahun 2018 disebabkan oleh polusi udara atau emisi bahan bakar fosil.

Menanggapi hal ini Ketua Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi dalam Talkshow webinar “Mendorong Penggunaan BBM Ramah Lingkungan” kolaborasi dengan KBR pada Rabu(10/2/2021) menyampaikan, untuk mewujudkan Program Langit Biru butuh komitmen dan konsisten pemerintah dalam menerapkan kebijakannya.

“Untuk mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat, di tuntut pemerintah untuk konsisten dan komintmen dengan kebijakannya, karena kalau bicara BBM Ramah Lingkungan atau kualitas BBM itu tidak lepas dari Aspek Program Pemerintah yakni Langit Biru” tuturnya.

Menurutnya juga bahwa Program Langit Biru dengan entitas utama adalah mewujudkan BBM Ramah lingkungan, yang telah digulirkan sejak 25 tahun lalu, dinilai belum terwujud dengan baik, buktinya hingga saat ini masih banyak pengguna BBM jenis Premium diindonesia yang belum memenuhi standar biru.

“Kita sangat khawatir dan sangat kecewa karena secara nasional ada program langit biru dan Pak Jokowi pada tahun 2015 yang lalu menandatangani protokol paris yang sudah menjadi undang-undang tapi kalau energi fosilnya masih dominan terutama BBM belum ramah lingkungan ini sangat mustahil bisa terwujud” tandasnya.

Bahkan hingga saat ini disektor pembangkit listrikpun, masih didominasi menggunakan diesel contohnya PLTD dan PLTU, sehingga sangat sulit bagi pemerintah Indonesia menurunkan 20 sampai 40 persen gas buang hingga tahun 2050.

Sehingga untuk menseriusi hal ini, Pemerintah harus sama-sama bergandengan tangan dengan stakeholder terkait dan masyarakat, agar kebijakan yang telah dibuat baik pada skala nasional atau global dalam penggunaan BBM Ramah lingkungan, dapat terwujud dan terlaksana dengan baik. (DP)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button