DAERAHEKONOMINEWS

156 KG Kepiting Bakau Siap Ekspor ke Singapura

Gorontalo, Poliyama- Menjadi langkah awal dalam mendukung stimulus ekonomi masyarakat Provinsi Gorontalo khusunya untuk UMKM, baru-baru ini salah satu UMKM yang ada di Kabupaten Gorontalo melepaskan sebanyak 156 kilogram kepiting bakau yang berasal dari perairan tanaman bakau beberapa daerah di Provinsi Gorontalo.

Pelepasan ini dilakukan secara simbolis dengan pemotongan pita oleh Kepala BKIPM Gorontalo dan Kepala KPPBC TMP C Gorontalo di Kantor Stasiun Karantina Ikan, Pengendali Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (SKIPM) Kelas I Gorontalo, Jalan Trans Sulawesi, Isimu, Kabupaten Gorontalo pada hari ini Selasa (16/03/2021).

Pelepasan Ekspor Komoditas Kepiting Bakau oleh Kepala BKIPM Gorontalo, Kepala KPPBC TMP C Gorontalo, dan Pimpinan UD. Mulia Abadi

 

Saat ditemui usai kegiatan tersebut kepada awak media Poliyama, Kepala KPPBC TMP C Gorontalo Dede Hendra Jaya menyampaikan Ekspor ini dilakukan melalui jalur udara dan Sebelum pelepasan ekspor dilakukan, terlebih dahulu dilaksanakan penyerahan Health Certificate dan Nota Pelayanan Ekspor (NPE) sebagai salah satu dokumen persyaratan ekspor.

“Hal ini juga dilakukan secara simbolis melihat ini merupakan ekspor perdana UMKM komoditas kepiting laut yang juga merupakan komoditas hasil tangkapan nelayan dilaut gorontalo dan ini dilakukan secara seremonial karena bagi kami karantina dan bea cukai ini sangat penting untuk mendorong UMKM lain di Gorontalo” ungkapnya.

Lebih lanjut, Dede juga mengharapkan hal ini bisa mendorong UMKM dan pengembangan komoditas lain bahwa bukan hal yang sulit untuk melakukan ekspor dari Gorontalo.

“Kelebihannya ini mereka sampaikan di Bea Cukai Gorontalo dan Health Certificate disampaikan ke Balai Karantina Provinsi Gorontalo, sehingga secara keseluruhan ini tercatat di data statistik nasional sebagai ekspor dari Gorontalo” tutupnya.

 

Adapun peserta yang hadir secara online meliputi Pemerintah Provinsi Gorontalo, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Gorontalo, Kepala Kantor Wilayah DJBC Sulawesi Bagian Utara, Kepala Kantor Wilayah DJPb Provinsi Gorontalo, PT. Garuda Indonesia Cargo. Dan Peserta yang hadir secara langsung diantaranya Kepala BKIPM Gorontalo, Kepala KPPBC TMP C Gorontalo, Pimpinan UD. Mulia Abadi, dan perwakilan SN. Cargo. Kegiatan ini juga dilksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19, serta dilaksanakan secara hybrid. Peserta acara dibagi menjadi dua bagian, hadir secara langsung di lokasi dan hadir secara online melalui Video Zoom Conference.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button